Yona Bicara Soal Kelulusan dari JKT48, Pengganti Dirinya, dan Tim KIII

Yona Bicara Soal Kelulusan dari JKT48, Pengganti Dirinya, dan Tim KIII

RADAR MALANG ONLINE – Kapten Tim KIII Viviyona Apriani mengumumkan untuk lulus dari JKT48. Member yang akrab disapa Yona itu menyampaikan keputusannya usai pertunjukan teater Saka Agari pada Sabtu (10/8). Yona mengatakan kalau graduate dari grup idola yang membesarkan menjadi awal baru untuk berkarir di bidang desain interior.

Pada Minggu (18/8), RADAR MALANG ONLINE berkesempatan untuk bertanya beberapa hal kepada Yona terkait masa depan. Tidak hanya terkait dirinya, tetapi juga pandangannya terkait masa depan JKT48, Tim KIII, dan juga Senbatsu Sousenkyo (Pemilu ala JKT48) yang sebentar lagi digelar. Berikut wawancaranya:

Banyak fans yang tidak lagi kaget bahwa kamu akan lulus dari JKT48. Alasannya, karena usia. Apakah memang seperti itu?
Tidak ada peraturan tertulis tentang batas usia di JKT48. Bahkan di, 48 group manapun. Hanya saja, sebagai manusia kita pasti tahu batasan atau waktu yang tepat untuk melangkah ke perjalanan baru.

Saya sudah belajar banyak hal di JKT48. Bukan hanya menyanyi dan menari. Lebih dari itu semua, aku belajar bagaimana hubungan antara manusia. Bagaimana support seseorang bisa memberikan banyak perubahan untuk lainnya.



Apa momen yang membuat Yona berpikir, bahwa lulus adalah keputusan terbaik?
Memilih untuk lulus tahun ini merupakan hal yang sudah dipikirkan sejak lama. Saat memulai kuliah di bidang desain interior, saya sadar ini adalah hal yang akan saya jalani ke depannya. Saya akan serius di bidang ini. Jadi, saya harus memilih untuk meninggalkan JKT48 dan memulai karier di bidang desain interior.

Siapa yang kamu anggap layak untuk menggantikanmu sebagai kapten?
Member yang bisa menekan ego (Yona tak menyebut nama), selalu berpikir kreatif, dan bisa merangkul semua anggota.

Kapten Tim KIII Viviyona Apriani saat berkunjung ke redaksi Jawa Pos Surabaya. (Alfian Rizal/Jawa Pos)

Kapten seperti apa yang cocok untuk Tim KIII dan kenapa kamu yakin dia bisa?
Saya sudah merasakan Tim J dan Tim KIII. Saya merasa Tim KIII merupakan tim yang penuh dengan tuntutan. Sejak awal terbentuk pun seperti itu. Untuk mendapatkan sesuatu harus dengan perjuangan. Oleh karena itu, kapten Tim KIII harus memiliki ambisi dan inisiatif.

Di waktu yang tersisa bersama JKT48 dan Tim KIII, hal terbaik apa yang akan kamu berikan kepada mereka. Apakah ada target tertentu?
Tentunya ada banyak project yang dipikirkan dan sedang saya diskusikan dengan manajemen.

Sebagai kapten, kamu melihat perjalanan Tim KIII sampai saat ini seperti apa?
Tim KIII memiliki pride yang tinggi. Itu bukan hal yang negatif, karena kita harus bangga dengan apa yang sudah kita dapat sampai saat ini. Pride bisa diartikan bahwa member harus menyayangi tim dan fans yang sudah mendukung.

Apa tantangan terberat menjadi member Tim KIII?
Tantangan terberat menjadi Tim KIII adalah, Tim KIII memiliki standard performance yang tinggi. Di mata manajemen maupun fans.

Latar belakang generasi Tim KIII sekarang makin beragam. Bukan tidak mungkin setelah ini makin berwarna. Apa pesanmu untuk member, terutama generasi muda yang punya angan-angan dipromosikan ke Tim KIII?
Kami selalu senang apabila ada generasi muda yang ingin bergabung di Tim KIII. Tapi, seperti yang saya bilang, Tim KIII memiliki standard performance yang tinggi. Jadi, harus mempersiapkan fisik dan mental untuk menjadi member Tim KIII.

Member Tim KIII, Ratu Vienny Fitrilya, Viviyona Aprian, dan Beby Chaesara Anadila saat berkunjung ke redaksi Jawa Pos Surabaya. (Alfian Rizal/Jawa Pos)

Jadi, Tim KIII butuh member seperti apa?
Member yang memiliki ambisi.

Selama ini, Tim KIII dikenal sebagai tim yang punya dance powerful. Apakah kamu melihat saat ini masih relevan? Atau tim KIII butuh image baru?
Tentunya. Sampai saat ini dan seterusnya, Tim KIII akan terus menjadi tim yang powerful.

Sebelum Senbatsu Sousenkyo (SSK) 2019, banyak top member yang menyampaikan kelulusannya. Bagaimana kamu melihat persaingan di SSK nanti?
SSK tahun ini akan penuh dengan wajah baru. Memang begitulah seharusnya. JKT48 akan terus beregenerasi. Banyak sekali member baru yang memiliki potensi. Siapapun yang terpilih semoga tidak cepat berpuas diri, dan tetap berterimakasih kepada fans yang sudah mendukung.

Tapi, lulusnya banyak member membuat masa depan JKT48 menjadi pembicaraan yang berujung pada spekulasi. Apa yang bisa meyakinkan penggemar dan member muda (termasuk yang ingin bergabung dengan JKT48), bahwa JKT48 tetap akan menjadi besar?
Banyak orang yang bilang JKT48 akan bubar saat kak Melody dan Nabilah tidak ada. Tapi hal itu tidak terjadi sampai saat ini. Regenerasi merupakan hal yang biasa di 48 group. Bukan hanya member, fans juga mengalami regenerasi. Aku yakin saat ini member dan fans akan terus menjaga JKT48.