Totalitas Para Pemain Film Bumi Manusia dan Perburuan

Kenang Pramoedya Ananta Toer Lewat Film Bumi Manusia dan Perburuan

RADAR MALANG ONLINE – Falcon Pictures resmi meluncurkan trailer film Bumi Manusia dan Perburuan yang diangkat berdasarkan novel Mahakarya Pramoedya Ananta Toer. Film Bumi Manusia dan Perburuan akan tayang serentak di seluruh bioskop di Indonesia pada 15 Agustus 2019.

Dalam trailer yang baru saja dilepas, Perburuan memperlihatkan plot era zaman kolonial Belanda dengan durasi 1:54 menit. Adipati Dolken sendiri sebagai Hardo, seorang bekas komandan pleton pembela tanah air (PETA).Tokoh Hardo diperankan oleh Adipati Dolken dan dikejar oleh tentara Jepang karena dianggap musuh negara. Maka Hardo berusaha untuk terus melakukan pelarian dari tentara Jepang.

Selama pelarian, Adipati Dolken didandani seperti tak terurus, dengan jenggot dan bewok yang berantakan. Hanya mengenakan kaos putih yang lusuh. Karya sutradara Richard Oh membuat Adipati Dolken menjadi sangat berbeda.

Salah satu scene Adipati Dolken dalam film Perburuan. (Youtube)

“Menurut saya setiap akting punya tingkat kesulitan yang berbeda. Berperan sebagai Hardo pun demikian, jauh banget bedanya. Dari segi gaya bicara, penampilan, semuanya beda. Kesulitan yang ada akan membuat saya tertantang untuk berusaha,” kata Adipati usai peluncuran trailer film Bumi Manusia dan Perburuan, Kamis (4/7).



Selain Adipati Dolken, film Perburuan juga melibatkan Ayushita, Ernest Samudra, Khiva Iskak, Michael Kho, Rizky Mocil, dan Egy Fredly. Sementara itu, dalam film Bumi Manusia menampilkan Iqbaal sebagai Minke, Mawar Eva De Jongh sebagai Annelies, serta Sha Ine Febrianti sebagai Nyai Ontosoroh.

Bumi Manusia merupakan karya pertama dari Tetralogi Buru karya Pram pada 1980. Buku ini ditulisnya ketika masih diasingkan di Pulau Buru bersama ribuan tahanan politik lain karena dicap sebagai komunis. Bumi Manusia bercerita tentang Minke, salah satu anak pribumi yang sekolah di HBS, sekolah khusus orang keturunan Eropa.

Iqbaal Ramadhan dalam film Bumi Manusia. (Youtube)

Salah satu pemeran film Bumi Manusia, Sha Ine Febriyanti sebelumnya sudah memahami jalan ceritanya karena sempat bermain dalam panggung teater untuk judul yang sama. Ketika itu tahun 2006 dia memerankan Madam Pieters.

Dalam trailer, terdapat adegan Iqbaal Ramadhan dengan tampilan bergaya zaman Belanda. Membandingkan kedudukan pribumi dan ningrat, membuat Iqbaal tampil berbeda saat berperan seperti film Dilan.

“Kalau di film berbeda jauh dengan teater. Maka di film kali ini menjadi tantangan buat saya,” tutup Sha Ine Febryanti.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani