Spirit Karma Police Radiohead Melawan Peretasan

Spirit Karma Police Radiohead Melawan Peretasan

RADAR MALANG ONLINE – Thom Yorke, vokalis Radiohead, pernah menyebut bahwa Karma Police adalah lagu yang bicara tentang kewarasan. Tentang stres dan ketidakpuasan terhadap kapitalisme.

“Lagu ini untuk seseorang yang bekerja di perusahaan besar. Sebuah lagu perlawanan kepada para bos,” katanya tentang single kedua dari album ketiga Radiohead, OK Computer, itu kepada The Independent.

Nah, kalau kapitalisme dan para bos perusahaan besar saja dilawan, apalagi cuma peretas. Bukannya keder akan ancaman si pencuri file rekaman mereka dan memenuhi tuntutan tebusan, Radiohead memilih merilis saja materi yang dicolong tersebut kemarin dini hari WIB (12/6). Dan, hasil penjualan se­penuhnya akan didonasikan.

“Kami merilis seluruh (materi rekaman) 18 jam di Bandcamp untuk membantu Extinction Rebellion,” tulis Radiohead, sebagaimana dirilis di laman Facebook resmi mereka dan akun Twitter Johnny Greenwood, lead guitarist dan keyboardist band Inggris yang telah menjual lebih dari 30 juta kopi rekaman di seluruh dunia.



Extinction Rebellion merupakan kelompok aktivis asal Inggris yang melakukan gerakan sosial-politik. Gerakan yang mereka usung merupakan bentuk protes terhadap kerusakan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, risiko kepunahan manusia, dan keruntuhan ekologis.

Vokalis Radiohead Thom Yorke (The independent)

Semua berawal ketika para peretas berhasil mencuri data dalam minidisc milik Yorke pekan lalu. Materi dalam minidisc itu dibuat sekitar tahun perilisan OK Computer, 1995-1998.

Peretas tersebut meminta uang tebusan USD 150 ribu (Rp 2,1 miliar). Jika tidak dipenuhi, mereka mengancam akan merilis materi yang belum pernah diperdengarkan kepada publik tersebut.

Mengutip radiohead.bandcamp.com, rekaman yang dirilis itu terbagi menjadi 18 track. Masing-masing berdurasi sekitar 17-72 menit. Fans band yang dibentuk pada 1985 itu bisa membeli dengan harga minimal GBP 18 (Rp 327 ribu). Tentu saja, pembeli boleh membayar lebih karena hasil penjualan akan didonasikan.

Pembelian termasuk streaming unlimited via aplikasi Bandcamp dan download MP3, FLAC, dll dengan kualitas tertinggi. Namun, siapa pun yang tertarik harus cepat karena penjualan hanya dibuka selama 18 hari.

Di antara “harta karun” itu, terdapat versi 12 menit dari lagu Paranoid Android, single pertama dari OK Computer. Juga, rekaman demo Karma Police oleh Yorke, versi embrionik Exit Music, rekaman langsung, dan cuplikan obrolan di studio. Selain itu, terdapat beberapa take rekaman lagu Lift yang menjadi favorit para fans.

Semua itu direkam selama pembuatan OK Computer, tetapi tidak dimasukkan dalam album karena dinilai terlalu antemik. “Kalau lagu itu ada dalam album, itu akan membawa kita di tempat yang berbeda,” kata Greenwood kepada BBC Music pada 2017.

Sampai kemudian peretas mencurinya. Dan, bukannya menyerah, Radiohead memilih berdiri melawan.

This is what you’ll get

when you mess with us

Mereka menyuarakan perlawanan itu dalam OK Computer sekian puluh tahun silam. Dan, kini, sekian puluh tahun kemudian tetap konsisten dengan semangat tersebut.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (BBC/CNN/Gizmodo/adn/c6/ttg)