Pujian Untuk Sang Sutradara Film Parasite dan Tangisan Sang Istri

Pujian Untuk Sang Sutradara Film Parasite dan Tangisan Sang Istri

RADAR MALANG ONLINE – Panggung Academy Awards 2020 adalah malam kemenangan bagi Bong Joon Ho. Berkat arahan sutradara Bong Joon Ho, film ‘Parasite’ asal Korea Selatan tersebut berhasil menyabet penghargaan untuk 4 kategori dari 6 nominasi Oscar. Tentunya itu adalah sejarah besar bagi perjalanan panggung Oscar.

Kemenangan Best Picture ‘Parasite’ tidak diragukan lagi sudah mengubah sejarah Oscar dan bisa menandakan perubahan di masa depan. Dilansir dari The Guardian, para kru Parasite saat di atas panggung menerina penghargaan Best Picture sangat antusias. Senyum sumringah juga terlihat di wajah sang sutradara, Bong Joon-ho

Bong memberikan mikrofonnya kepada produser film Kwak Sin-ae dan Miky Lee. “Film itu sesuai realitas dalam sejarah yang sedang terjadi sekarang,” kata Lee.

Dan Lee memberikan penghormatan kepada Bong. Dia pun memuji Bong karena gaya rambutnya.

“Rambutnya lah yang membuatnya ‘gila’, cara dia berbicara, cara dia berjalan, dan terutama cara dia mengarahkan,” ungkap Lee bercanda.

Dia kemudian berterima kasih kepada publik sinema Korea karena tidak pernah ragu-ragu untuk memberi mereka semangat dan apresiasi.

Sepanjang sejarah Oscar, ada 10 film berbahasa asing yang telah dinominasikan untuk film terbaik termasuk ‘Amour’ dan ‘Life Is Beautiful’. Tetapi tidak ada yang menang. Tahun lalu, banyak yang mengira bahwa drama otobiografi Alfonso Cuaron, Roma, mungkin bisa menang. Dan ternyata baru tahun 2020 ini sejarah itu tercipta lewat ‘Parasite’.

Tangisan Sang Istri Bong Joon Ho 

Ternyata benar, ada perempuan hebat di balik pria yang sukses. Kesuksesan Bong Joon Ho tak lepas dari doa sang istri, Jung Sun- Young. Sang istri tersorot kamera tak bisa berhenti menangis bahagia ketika suaminya dan seluruh kru Parasite berulang kali naik ke panggung menerima piala Oscar seperti dilansir dari Los Angeles Times, Senin (10/2).

Istri Bong Joon Ho terlihat menangis saat suaminya naik ke panggung Oscar. (Deborah Vankin / Los Angeles Times)

‘Parasite’ merupakan film non-bahasa Inggris pertama yang memenangkan hadiah utama. ‘Parasite’ juga memenangkan Oscar untuk skenario asli, sutradara terbaik, dan film internasional terbaik.

Sepanjang malam bersejarah itu, sang istri tertangkap kamera media yang melihatnya menangis tersedu-sedu bahagia. Selama suaminya memberikan pidato, Jung terlihat mengusap air matanya. Pada akhirnya, dia mengepalkan tangannya karena menang.

Emosinya membubung tinggi sepanjang malam, ketika Bong dan yang lainnya naik ke panggung tiga kali lagi. Ditambah lagi sorak sorai gembira penonton. Jung terlihat menangis bahagia untuk setiap kemenangan di film suaminya tersebut. Momen emosional berlanjut di atas panggung.

Seluruh sineas yang terlibat dalam film ‘Parasite’ patut berpesta. Sebab film asal Korea Selatan itu membuat sejarah di ajang Academy Awards 2020. Film Parasite menampilkan karakter yang natural di mana setiap aktor bisa mempersonifikasikan realitas sosial, ketidaksetaraan, kesenjangan, moralitas, dan masalah sosial serta ekonomi si kaya dan si miskin. Kemenangan Parasite membuktikan film Asia bisa mendunia dan jadi juara. Oscar tidak memiliki rekam jejak dalam membedakan aktor non-kulit putih atau bukan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani