Menilik Kategori Film Terbaik Oscar 2019

Menilik Kategori Film Terbaik Oscar 2019

RADAR MALANG ONLINE Academy Awards atau biasa disebut Oscar, telah mengumumkan beberapa nominasi untuk film-film di tahun 2018. Nominasi paling favorit dan yang paling ditunggu-tunggu pastilah nominasi kategori film terbaik atau Best Picture. Tahun ini, Roma dan The Favourite akan bersaing ketat karena sama-sama meraih 10 nominasi, diantaranya Sutradara Terbaik dan Film Terbaik.

Selain Roma dan The Favourite, ada enam film lain yang masuk nominasi film terbaik, yaitu Bohemian Rhapsody, Black Panther, BlacKkKlansman, Green Book, Vice, dan A Star Is Born. Berikut review singkatnya!

1. Roma

Poster film Black Panther (Marvel Studio)


Berlatar kota Mexico pada awal 1970-an, film ini berkisah tentang Cleo yang bekerja sebagai seorang pembantu seorang dokter kelas menengah. Film ini didedikasikan untuk seorang perempuan bernama Libo, inspirasi sebenarnya untuk sosok Cleo, seorang penjaga anak dan pembantu untuk keluarga kelas menengah yang mirip seperti keluarga sang sutradara.

Roma adalah nama kawasan tempat dia tinggal dan lokasi film tersebut. Namun detil autobiografis ini menjadi tak penting dibandingkan dengan emosi yang muncul sepanjang film, yakni rasa sayang dan hormat Cuarón akan Cleo, serta waktu dan tempat yang berarti rumah baginya. Dia mengambil tanggung jawab yang semakin besar untuk merawat empat anak keluarga selama masa pergolakan pribadi dan politik.

2. The Favourite

The Favourite mengisahkan kerajaan Inggris raya. Pada awal 1700-an, Ratu Anne, dalam kondisi kesehatan yang buruk dan tidak stabil secara emosional. Kekuasaan pun dipercayakan kepada orang yang paling tepercaya, Lady Sarah. Lady Sarah diberi kuasa untuk bertindak sebagai penguasa de facto Inggris Raya selama perangnya dengan Perancis. Kendali Sarah goyah, ketika sepupunya Abigail tiba di istana dan memikat ratu.

3. Black Panther

Film yang masih bagian dari Marvel Universe ini menceritakan tentang kehidupan pangeran di Wakanda, T’Challa setelah kematian ayahnya. Pangeran T’Challa kemudian kembali ke tanah airnya di Afrika, Wakanda, yang telah menyembunyikan kekayaan dan teknologi canggih dari generasi ke generasi. T’Challa mengambil alih tahta ayahnya dan juga harus menerima jubahnya sebagai pahlawan super Black Panther untuk melindungi Wakanda dari banyak musuh yang berniat menjarah sumber dayanya.

4. BlacKkKlansman

Film ini dibuat berdasarkan autobiografi Ron Stallworth, seorang detektif keturunan Afrika-Amerika pertama di kepolisian Colorado Springs yang berhasil menyusupi organisasi ekstremis kulit putih, Ku Klux Klan. Pada awal 1970-an, Ron Stallworth menjadi perwira Afrika-Amerika pertama di Departemen Kepolisian Colorado Springs. Berharap untuk tampil beda, Stallworth mengorganisir penyelidikan ke dalam wilayah lokal KKK, merekrut perwira Yahudi Flip Zimmerman untuk menyamar dan menyusup ke sebuah organisasi pembuat topi.

5. Bohemian Rhapsody

Film autobiografi band Queen ini mengisahkan proses terciptanya hits-hits Queen juga awal terbentuknya grup tersebut. Freddie berusaha untuk memenuhi mimpinya menjadi penyanyi terkenal. Mahasiswa seni itu memberontak terhadap keluarga Parsi tradisionalnya dan bergabung dengan band bernama Queen. Jatuh bangun band legendaris itu dirangkum dengan sinematografi yang apik yang membuat penonton merasa berada di antara ratusan ribu penonton konser band tersebut di Live Aid dan menjadi saksi kesuksesan band Queen tahun 1970-an dan 1980-an.

6. Green Book

Donald Shirley, seorang pianis konser ulung, mempekerjakan penjaga keturunan Italia-Amerika Tony Lip untuk mengantarnya selama tur 1962 di Selatan. Wilayah itu dikenal akan rasisme. Penjaga itu bertugas melindunginya terhadap rasisme yang sebagai orang Afrika-Amerika, kerap ia hadapi. Terlepas dari perbedaan mereka, Shirley dan Tony menemukan bahwa mereka menikmati menghabiskan waktu bersama dan banyak belajar dari satu sama lain.

7. A Star Is Born

Film drama musikal ini menceritakan bintang rock, Jackson Maine bertemu penyanyi yang sedang berjuang, Ally. Jackson kemudian terkesan dengan bakatnya dan mendorongnya untuk menampilkan materi sendiri meskipun dia merasa tidak nyaman. Karier Ally dengan cepat berkembang, begitu pula percintaannya dengan Jack, meskipun kecanduan alkohol dan ambivalensi atas kesuksesannya membahayakan hubungan mereka.

8. Vice

Dick Cheney bangkit dari awalnya sebagai seseorang yang sederhana ke puncak politik. Ia melayani dalam kabinet, di Gedung Putih dan di Dewan Perwakilan. Kemudian ia menjadi wakil presiden George W. Bush. Sementara memegang pengaruh yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam peran barunya, Cheney lalu berusaha menjadi kekuatan di balik singgasana.

Editor           : Deti Mega Purnamasari

Reporter      : Yuliani