Ketika Toy Story 4 Dikalahkan Re-release Spirited Away

Ketika Toy Story 4 Dikalahkan Re-release Spirited Away

RADAR MALANG ONLINE – Toy Story 4 digadang-gadang menjadi film animasi paling sukses di tahun ini. Namun, di hari tayang perdananya di Tiongkok pada Jumat (21/6) hari ini, para penonton rupanya lebih tertarik menyaksikan film lain. Film tersebut adalah film re-release animasi lawas Jepang besutan Studio Ghibli: Spirited Away.

Dilansir dari Hollywood Reporter, tercatat hingga pukul 14.00 waktu setempat, pendapatan yang diraih kedua film tersebut begitu jomplang. Toy Story 4 hanya meraup pendapatan sementara 1,5 juta dolar, sementara Spirited Away yang aslinya dirilis 18 tahun silam mendapatkan 4,7 juta dolar.

Hasil ini memang bisa saja berbalik mengingat ini baru hari pertama kedua film tersebut ditayangkan. Namun, melihat margin pendapatan yang begitu jauh, Disney sepertinya harus mengakui bahwa daya magis Spirited Away belum hilang.

Spirited Away (Studio Ghibli)

Dari rating yang sudah keluar di situs film Douban, skor Spirited Away juga menang dari Toy Story 4. Film arahan sutradara Hayao Miyazaki itu mendapat skor 9,3 dari 10, sementara Toy Story 4 mendapat nilai 0,2 lebih rendah.



Hasil ini memang bisa dibilang sangat di luar dugaan mengingat Toy Story adalah salah satu franchise terpopuler dan terbesar milik Disney. Namun, jika ingin menengok sejenak ke tahun 2001, Spirited Away adalah sebuah mahakarya yang nyaris tiada banding pada eranya.

Didaulat sebagai film Jepang terlaris dengan total pendapatan 290 juta dolar di seluruh dunia, Spirited Away juga disebut-sebut sebagai salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

Predikat ini semakit lekat setelah film tersebut memenangkan Piala Oscar alias Academy Awards ke-75, sekaligus membuat Spirited Away menjadi film animasi dengan konsep hand-drawn (gambar tangan, Red) dan non-bahasa Inggris pertama yang memenangkan penghargaan tertinggi dunia film tersebut.