Kabar Duka: Sue Lyon, Pemain Lolita Meninggal Dunia

Kabar Duka: Sue Lyon, Pemain Lolita Meninggal Dunia - JPNN.com

Sue Lyon. Foto: IMDB

RADAR MALANG ONLINE, JAKARTA – Kabar duka menyelimuti industri film dunia. Aktris Sue Lyon meninggal dunia di Los Angeles, pada kamis (26/12) lalu.

Kawan lama Lyon, yakni Phil Syracopoulos pada New York Times mengatakan bahwa Lyon meninggal pada usia ke-73 tahun. 

Pemain film ‘Lolita’ besutan Stanley Kubrick itu meninggal dunia setelah masalah kesehatan yang menahun.

Karier akting Lyon dimulai sejak tahun 1959 sampai 1980 dengan film paling hits yang diadaptasi dari novel Vladimir Nabokov, “Lolita” pada 1962.

Saat itu, usia Lyon masih 14 tahun. Dia mengalahkan 800-an lebih gadis dalam audisi. Nobokov menyebut dia sebagai “peri kecil yang sempurna”.

Novel Nobokov yang terbit 1955 tergolong penuh skandal karena mengisahkan tentang lelaki paruh baya yang tergila-gila dengan gadis kanak-kanak. Namun saat diadaptasi ke dalam film, ceritanya jadi biasa saja karena adanya batasan-batasan dari Motion Picture Production Code.

Lyon lahir di Davenport, Iowa, Amerika Serikat. Ibunya pindah ke Dallas sebelum akhirnya memboyong keluarganya ke Los Angeles di mana Lyon bisa mengejar karier akting.

Awalnya, dia mendapat peran sebagai Laurie di “The Loretta Young Show” selain itu dia dapat peran kecil dis erial tahun 1960-an “Dennis the Menace” sebelum mendapatkan peran yang akhirnya memantakan namanya di Hollywood.