Fourtwnty Terbebani Kesuksesan Zona Nyaman

Sukses besarnya lagu Zona Nyaman tidak hanya berimbas positif bagi Fourtwnty. Namun, terkenalnya lagu itu juga membuat beban tersendiri buat personel, Ari Lesmana dan Nuwi. Mereka mengaku terbebani untuk mengulang kesuksesan Zona Nyaman pada karya terbaru.

“Tadinya iya (terbebani), makanya ada perang ego dan kayak jadi acuan. Banyak kebiasaan berubah, nggak jadi diri sendiri, tapi berunding akhirnya sadar,” kata Ari Fourtwnty saat ditemui JawaPos.com di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (20/4).

Fourtwnty – Kusut (Lyric Video)
(YouTube/Fourtwnty Music)

Seiring berjalannya waktu, Fourtwnty tidak mau Zona Nyaman menjadi beban. Personel memutuskan untuk berkarya secara mengalir tanpa banyak tuntutan harus sebesar hit mereka. Proses produksi lancar dengan semangat yang sama pada awal sebelum Zona Nyaman tenar.

“Kami sadar karya bukan buat kompetisi, akhirnya kebiasaan lama lagi. Bikin lagu, ya mengalir aja,” ujar Ari.

Sebagai bukti keseriusan berkarya, Fourtwnty pun kini akhirnya hadir dengan karya terbaru. Pada hari ini, mereka resmi menyajikan album terbaru berjudul Ego & Fungsi Otak. Album kedua dari Fourtwnty ini berisi tujuh lagu yang diciptakan personel, Ari Lesmana, Nuwi, dan Roots.

Ari Lesmana mengatakan bahwa album Ego & Fungsi Otak secara umum membuktikan pendewasaan sikap bermusik. Sebab, pada proses pembuatan Fourtwnty sempat berkecamuk dengan perang ego masing-masing. Bahkan, sejumlah materi mengalami berbagai perubahan hingga akhir.

“Album ini bisa dibilang Fourtwnty sudah mulai dewasa. Awal bikin terlalu banyak ego, mikirin kerennya, fun-nya jadi hilang. Banyak lagu kami ubah, berubah boleh tapi harus tetap diri sendiri,” tutur Ari.

Banyak hal yang dibicarakan Fourtwnty untuk lirik-lirik dalam album Ego & Fungsi Otak. Semua tentang apa yang mereka lihat dan resap dari kehidupan. Mulai bicara sosial, nasionalis, hingga pandangan personel tentang beberapa kebiasaan anak muda.

Pendewasaan Fourtwnty juga terjadi pada departemen musik. Mereka mencoba berbagai pengembangan dari segi aransemen untuk Ego & Fungsi Otak. Seperti masuknya instrumen drum dan gitar yang lebih terasa di album ini.

Peluncuran album Ego & Fungsi Otak ditandai dengan perilisan dua single Kita Pasti Tua serta Kusut. Video musik untuk dua single tersebut telah bisa disaksikan di platform YouTube.


(ded/JPC)