Dark Phoenix Terpuruk di Pekan Pertama

Dark Phoenix Terpuruk di Pekan Pertama

RADAR MALANG ONLINE – Para kritikus film mengkritik film X-Men: Dark Phoenix yang baru saja diluncurkan selama sepekan pertama. Padahal sebelumnya disebut-sebut bisa menyusul kesuksesan film Avengers: Endgame. Namun ternyata, X-Men: Dark Phoenix tersandung di box office dengan angka pendapatan terburuk dalam sejarah film X-Men.

Film tersebut diproyeksikan dengan pendapatan USD 33 juta sepanjang pekan pertama atau setara Rp 480 miliar. Sayangnya hingga hari Jumat (7/6), Dark Phoenix mendulang hanya USD 14 juta saja seperti dilansir dari Hollywood Reporter.

Nilai itu dianggap kurang memuaskan karena menempatkannya di belakang The Wolverine (USD 53 juta) dan X-Men (USD 54 juta), serta penghasilan terendah dari Marvel Cinematic Universe, The Incredible Hulk (USD 55 juta). Seluruh film-film itu bisa meraup sukses di pekan pertama.

Kemungkinan prediksinya, akan kehilangan antara USD 100 juta hingga USD 120 juta sesuai catatan para kritikus film. Ini adalah akhir suram bagi sejarah penuh film ini. Dark Phoenix menyelesaikan syuting pada tahun 2017, kemudian niatnya akan rilis Maret 2018 menjadi  Februari 2019 setelah pasca-produksi. Sebab modal pembuatan film tersebut diprediksi lebih dari ratusan juta dolar.



X-Men: Dark Phoenix masih punya harapan meraup uang dari pasar luar negeri untuk menutup ongkos produksi dan promosi. Meski sulit jika berharap dari pasar Amerika Serikat. Film X-Men: Dark Phoenix disusul oleh film Disney Aladdin yang meraup pendapatan USD 24 juta.

Film gagal bangkit di box office Amerika Utara selama akhir pekan. Sang superhero bahkan dikalahkan oleh animasi The Secret Life of Pets 2. Film keluarga animasi Universal dan Illumination, Pets 2, mengumpulkan USD 47,1 juta pada 4.561 bioskop. Film itu mendapat tanggapan lumayan dari para kritikus. Sebanyak 40 persen penontonnya berusia di bawah 17 tahun, sementara 62 persen adalah perempuan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani