Butuh 2 Tahun Lebih Buat Armand Maulana Siapkan Single Terluka

Butuh 2 Tahun Lebih Buat Armand Maulana Siapkan Single Terluka

RADAR MALANG ONLINE – Setelah merilis tiga single, Armand Maulana kembali dengan single terbaru bertajuk Terluka. Namun, berbeda dengan single sebelumnya yang bernada cepat dan riang, single keempat ini disuguhkan lebih mellow.

Diciptakan oleh David Noah, ternyata single ini tidak mudah dibawakan oleh Armand Maulana. Terbukti, butuh 2 tahun lebih baginya dibantu oleh Ari Renaldi sebagai arranger untuk mengotak-atik lagu ini. Sebab, dia ingin tetap memiliki benang merah dengan 3 single sebelumnya, yakni nuansa musik 80-an.

“Walaupun lagu ini mellow banget tapi justru ini udah bongkar pasang sampai 5 kali. Untuk menyatukan ke single sebelumnya. Walaupun ini slow tetap harus ada benang merah yang sama. Jadi, kalau udah jadi album itu nggak belang,” kata Armand saat menceritakan proses kreatif di balik lagu terluka saat berkunjung ke kantor Jawa Pos, Jakarta, Rabu (18/7).


Armand Maulana – Terluka | Official Video Clip
(YouTube/Trinity Optima Production)

Apalagi, dalam project solo ini, Armand dituntut keluar dari pakemnya bersama Gigi yang terkenal dengan musik pop rocknya. Oleh karena itu, dalam single keempat ini, dia ditantang membawakan lagu pelan dengan nuansa pop saja.



“Walaupun slow, nyawanya harus sama. Jangan tiba-tiba jadi slow rock kayak lagu Gigi yang Damainya Cinta,” ujarnya.

Mengisahkan mengenai perasaan terluka diduakan oleh pasangan, Armand mengaku memang butuh pendalaman khusus saat membawakannya. Sebab, David Noah menciptakan lagu ini sungguh berat dan membutuhkan rasa

“Paling yang Terluka ini pendalaman rasa ajah kali ya. Karena David memberikan lagu yang buat gua sih dalem banget rasanya. Kalau misalnya penyampaiannya nggak kena kurang asik. Makanya bongkar pasang sampai 5 kali termasuk itu, menyatukan rasanya,” ungkapnya.

Untuk itu, pria yang telah memasuki usia 47 tahun ini mengaku harus menggunakan ilmu meresapi lirik agar pesannya tersampaikan. Apalagi, dia mengaku belum pernah merasakan dikhianati sampai terluka sebagaimana lagi yang ditulis David Noah ini.

“Nggak tahu, bukan lagu gua. Gua mah pacaran aja cuma berapa kali. Nggak sih (alami dikhianati),” jawabnyaa ketika ditanya mengenai pengalaman lagu.

Hasilnya, diiringi dengan nuansa piano yang kental, tiada yang menyangka Armand Maulana dengan karakter suaranya yang khas mampu menyayat hati yang mendengarnya tanpa embel-embel musik rock.

Sementara itu, dari sisi video klip, berlatar di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Adhireksa menampilkan seseorang dalam masa depresi yang dibalut keindahan alam kawasan timur Indonesia untuk melengkapi suasana terluka yang disampaikan dalam lagu. Dirilis satu bulan lalu, video klip Terluka sudah disaksikan 1,7 juta kali di kanal YouTube.

Single Terluka sendiri merupakan bagian dari project solo Armand Maulana yang diberinama Arana Project bersama Trinity Optima Production. Sebelumnya, sudah ada tiga single, yakni Hanya Engkau Yang Bisa, Sebelah Mata, dan Tunggu di Sana.

Nantinya, keempat single tersebut akan disatukan dalam satu album yang kemungkinan rilis awal tahun depan.

video

(str/JPC)