Banyak Permintaan, Teater Bunga Penutup Abad Dipentaskan Kembali

Banyak Permintaan, Teater Bunga Penutup Abad Dipentaskan Kembali






RADAR MALANG ONLINE – Pertunjukan teater Bunga Penutup Abad yang sempat digelar di bulan Agustus 2016 di Jakarta dan Maret 2017 di Bandung, Jawa Barat, akan kembali dipentaskan di taman Ismail Marzuki (TIM), pada 17 dan 18 November 2018 mendatang. Salah satu alasan kembali digelarnya pertunjukan yang diadaptasi dari karya sastra milik Pramoedya Ananta Toer itu karena tingginya antusiasme penonton yang ingin Bunga Penutup Abad kembali dipentaskan ulang.





“Karena tingginya permintaan agar Bunga Penutup Abad dipentaskan lagi. Awalnya, Reza nggak yakin, tapi akhirnya dia bilang, ‘saya nggak yakin tapi saya akan menceburkan diri ke panggung’,” ucap Happy Salma selaku produser dalam jumpa pers di Galeri Indonesia Kaya, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (31/10).







Bunga Penutup Abad merupakan sebuah pementasan teater yang dialihwahanakan dari novel Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa yang termasuk dalam tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer.



Reza Rahadian berperan sebagai Minke dan Chelsea Islan sebagai Annelies dalam pementasan Teater Bunga Penutup Abad. (Instagram titimangsa foundation)





Menurut Happy, Pramoedya dengan segala kejeniusannya harus diabadikan dalam berbagai macam bentuk penghargaan karya sastra, teater salah satunya.





“Karya beliau dialihbahasakan sampai lebih dari 40 bahasa asing di dunia, dan saya rasa dia dokumenter terbaik bangsa ini. Saya rasa dia adalah salah satu wujud manusia terbaik yang pernah bangsa ini miliki dan ketika energi yang dia tuliskan memiliki banyak proses. Saya rasa itu patut dituangkan dalam bentuk lain juga,” lanjut Happy Salma.





Sementara itu, Wawan Sofyan, sutradara teater Bunga Penutup Abad menegaskan bahwa pementasan kali ini akan berbeda dibanding 2 pertunjukan sebelumnya. Salah satu perubahan tersebut terletak pada pemeran Nyai Ontosoroh yang saat ini diperankan oleh Marsha Timothy.






“Tahun ini peran Nyai kita percayakan ke Caca ya (Marsha Timothy). Saya lihat akting dia di Marlina (Marlina si Pembunuh Dalam Empat Babak), saya rasa dia mampu memerankan karakter Nyai,” papar Wawan.






Selain Marsha Timothy, pemeran teater Bunga Penutup Abad masih sama dengan pementasan dua tahun lalu. Reza Rahadian sebagai Minke, Lukman Sardi sebagai Jean Marais, Chelsea Islan sebagai Annelies, dan pemain cilik berbakat Sabia Arifin sebagai May Marais.





Nantinya, di akhir pertunjukan juga ada beberapa adegan yang berubah. Namun, hal itu tentu dirahasiakan agar menjadi kejutan saat menonton langsung nanti.





Titimangsa foundation didukung Bakti Budaya Djarum Foundation, kali ini menyediakan 2.264 tiket untuk pertunjukan Bunga Penutup Abad di teater besar Taman Ismail Marzuki (TIM) pada 17 dan 18 November mendatang. Saat ini, tiket telah hampir habis terjual. Info ketersediaan tiket dapat dicek melalui www.tiket-titimangsa.com.





(yln/JPC)